Kotak Pencarian

Translate

Tari Keprajuritan EBEG BANYUMAS berikut Kisah Singkat EBEG dalam NARASI dengan Gending Eling-Eling Banyumasan - SatriaBanyumas.com | Video oleh : Klikmg Video Shooting Purwokerto | Sambil menunggu waktu berbuka puasa, sambari menikmati kesenian Banyumas

Ingin Group Kesenian Anda kami dokumentasikan dalam format Foto/ Video ? silahkan hubungi kami, kami bisa sekaligus mempromosikan Group Kesenian Anda juga, tidak sekedar mendokumentasikan. Hubungi kami : KLIKMG.COM pada Telp/WhatsApp : 085292958499 atau via BBM Khusus : klikmg
Keterangan : Kali ini kami atas nama klikmg.com dan satriabanyumas.com mempersembahkan sebuah video klip tari ebeg Banyumas sebagai sebuah kesenian khas masyarakat banyumas yang sudah ada sejak tahun 1010 atau abad ke 10 silam. 

Sengaja tanpa "WURU/ KESURUPAN" karena pada dasarnya EBEG yang sudah ada sejak tahun 1010 tersebut sebenarnya adalah merupakan tarian keprajuritan sebagai perayaan kemenangan Raja Wura-Wari Penguasa Banyumas tahun 1010  atas Raja Dharmawangsa dalam sebuah pertempuran besar. WURU/ KESURUPAN itu sendiri baru masuk kedalam tarian EBEG Banyumas sejak kekalahan Raja WURA WARI atas Raja AIRLANGGA sebagai nenek moyang kerajaan Majapahit tepatnya di tahun 1036 jauh sebelum Majapahit berdiri bahkan sebelum Para Wali Songo menyebarkan Islam di tanah jawa saat itu.  

Dan inilah dia TARI KEPRAJURITAN EBEG BANYUMASAN yang dikemas sebagai seni tari tradisional tanpa adanya bumbu/ atraksi WURU / KESURUPAN dengan tujuan untuk mengembalikan nilai hostori EBEG seperti pada awal diciptakannya oleh Raja Wura Wari sebagai penguasa Banyumas di tahun 1008 hingga 1036 yang Istananya berada di selatan Karang Kobar - Purwokerto, Banyumas.

Sebagai tambahan, WURU itu sendiri sebenarnya sebuah Ritual untuk memanggil Roh Raja WURA WARI dan ke enam pembantu setianya (yang kesemuanya adalah para prajurit pilih tanding saat itu) untuk dapat masuk kedalam raga para penari dengan tujuan agar dapat mengenang masa kejayaan Raja Wura Wari saat memimpin Banyumas jauh sebelum Raden Joko Kaiman dari Wirasaba Banyumas di abad 14 membangun kembali Banyumas atas restu dari kerajaan Pajang di jawa Timur. 

Videonya ada dibawah ini :
Data kunjungan pada halaman ini :
Free Global Counter

Promosional Banner

Promosional Banner
Klikmg Foto - Video & Web Aplikasi Developer

Bagikan / Cetak Halaman ini :